Berbaur dan bertebarnya berbagai kultur, menjadikan pemandangan semu (pseudo) antara kultur yang sebenarnya ajaran Rasulullah SAW dan kultur yang muncul setelah Rasulullah SAW wafat sehingga muncul berbagai pertentangan. Sepertinya yang satu sebagai pembela dan lainnya sebagai penentang. Satunya merasa tersingkir dan yang lainnya merasa memdominasi. Terlepas dari praduga dan pretensi di atas, Ahlussunnah wal-Jama’ah tetap mempunyai karakteristik yang menonjol diantara model-model /type-type kultur lain yang muncul karena proses sejarah misalnya. Atau sengaja dilahirkan oleh suatu golongan untuk mempertahankan otoritasnya.
Ciri-ciri
spesifik yang menonjol dan dipertahankan Ahlussunnah wal-Jama’ah adalah
banyak sekali. Sehingga ciri-ciri tersebut menjadi tanda khusus yang
membedakan Ahlussunnah dan lainnya.
Namun
sebelum sampai pada penjabaran budaya Ahlussunnah, perlu sekali
diketahui bentuk-bentuk tradisi masyarakat yang tidak mencerminkan
budaya Ahlussunnah, agar dihindari oleh warga Ahlussunnah. Di antarnya
adalah:
1.
|
Mengagung-agungkan berbagai kesenian yang munkar, seperti seni musik, seni rupa, wayang, kethoprak, ludruk, seni tari, dsb.
|
2.
|
Mencurahkan
segala daya dan upaya untuk mengkaji pengetahuan ilmu umum sampai
menelantarkan pendidikan agama yang merupakan bekal untuk meraih
kesejahteraan dunia akhirat.
|
3.
|
Semaraknya
Musabaqoh Tilawatil Qur’an dengan menekankan model irama yang
menghilangkan ketajwidan al-Qur’an dan at-Tadabbur. Dan celaka lagi
musabaqoh tersebut dijadikan sebagai sarana untuk ikhtilath bainar
rijaal wan nisaa’/ ajang menampilakan alunan suara wanita.
|
4.
|
Ditinggalkannya
pelatihan diri dan perlombaan yang mengarah pada persiapan membela agama dan negara, seperti latihan naik kuda, memanah (munadlolah) dan lain-lain.
|
5.
|
Terlalu
menghabiskan waktu untuk memperhatikan perlombaan yang sifatnya hanya
gerak badan saja dan hura-hura, sampai mengenaympingkan urusan
sholat, seperti sepak bola dan lain-lain.
|
Sedangkan budaya yang merupakan ciri khas Ahlussunnah adalah:
1.
|
Meramaikan
bulan suci Romadlon dengan pengkajian kitab-kitab Hadits, Tafsir
maupun lainnya serta bertadarus al-Qur’an dan sholat Tarawih.
|
2.
|
Menjalankan qunut subuh biarpun terdapat khilafiyyah antara para Ulama’ dalam masalah tersebut.
|
3.
|
Menempatkan
putra-putri sunniyyin di pondok-pondok pesantren maupun madrasah
diniyyah untuk mengkaji dan menghidupkan ilmu agama.
|
4.
|
Adanya
beberapa thoriqoh demi taqorrub ilalloh, namun dengan syarat tidak
terjadi ikhtilath antara lelaki dan perempuan atau fanatik berlebihan.
|
5.
|
Memperhatikan
jama’ah sholat fardlu di Masjid dan surau-surau pada awwal waktu, dan
harus ikhlas serta khusyu’ didalam menjalankanya.
|
6.
|
Ziarah
kubur Auliya’ untuk bertawassul dengan tanpa adanya hal-hal munkar,
Tahlilan, Berzanjenan dan manaqiban, namun dengan syarat tidak
berlebihan dalam I’tiqodnya pada syekh Abdul Qodir, seperti membaca
dengan serentak “Syekh Abdul Qodir Waliyulloh” setelah membaca dua
kalimat Syahadat. Dan amalan-amalan di atas tidaklah budaya Syi’ah,
sebab ziarahnya orang syi’ah tidak memakai bacaan ayat-ayat al-Qur’an,
juga tidak membaca tahlil tasbih tahmid, bisanya cuma memberi
kata-kata pujaan berlebihan pada Imam-imam mereke. Dan dalam berzanji
maupun diba’ disebutkan pujian terhadap sahabat Nabi SAW. Di samping
itu, Syekh ad-Dziba’I mempunyai kitab hadits bernama Taisirul Wushul
yang di dalamnya disebutkan fadloilus shohabat, dan shohabat Abu Bakar
ditempatkan pada peringkat pertama. Sedangkan Qoshidah نحن جيران بذا الحرم إلخ itu adalah milik al-Habib Abdulloh al-Haddad yang telah kami nukilkan aqidahnya yang berhaluan ahlussunnah wal jama’ah.
|
7.
|
Menyantuni anak yatim, faqir miskin maupun para janda yang punya anak banyak, serta melindungi mereka dari penindasan.
|
8.
|
Bagi
alumni pesantren hendaknya sering sowan kepada gurunya untuk
konsultasi dengan memohon petunjuk di dalam menjalankan da’wahnya.
Demikian pula bagi para kiainya hendaknya mengunjungi / mengecek
mereka; apakah benar-benar sudah melaksanakan tugasnya dengan baik.
|
9.
|
Takbiran pada malam hari raya ddengan tanpa diikuti penabuhan beduk. Sebab mengiringi dzikrulloh dengan tabuhan adalah bid’ah. Apalagi aalatul malaahi.
|
10.
|
Mempermudah urusan Haji dan Umroh sehingga tidak menimbulkan keresahan dikalangan kaum Muslimin.
|
11.
|
Mengadakan
bahtsul masa’il dengan dihadiri tokoh yang benar-benar ahli dalam
bidang agama. Mengamalkan ru’yatul hilal untuk mengetahui awwal
Romadlon dan Syawwal.
|
12.
|
Mendirikan paguyuban keluarga demi mempererat persaudaraan.
|
13.
|
Menghafalkan al-Qur’an dengan memperhatikan tajwidnya, dan lain sebagainya.
|
قال
الإمام الغزالي في الإحياء: الثاني: المبتدع الذي يدعو إلى بدعته. فإن
كانت البدعة بحيث يكفر بها فأمره أشد من الذمي لأنه لا يقر بجزية ولا يسامح
بعقد ذمة وإن كان ممن لا يكفر به فأمره بينه وبين اللـه أخف من أمر الكافر
لا محالة, ولكن الأمر في الإنكار عليه أشد منه على الكفر لأن شر الكافر
غير متعد, فإن المسلمين اعتقدوا كفره فلا يلتفتون إلى قولـه إذ لا يدعي
لنفسه الإسلام واعتقاد الحق. أما المبتدع الذي يدعوا إلى البدعة ويزعم أن
ما يدعو إليه حق فهو سبب لغواية الخلق فشره متعد, فالاستحباب في إظهار بغضه
ومعاداته والانقطاع عنه وتحقيره والتشنيع عليه ببدعته وتنفير الناس عنه
أشد - إلى أن قال – قال صلى اللـه عليه وسلم: (من انتهر صاحب بدعة ملأ
اللـه قلبه أمنا وإبمانا, ومن أهان صاحب بدعة أمنه اللـه يوم الفزع الأكبر,
ومن ألان لـه وأكرمه أو لقيه ببشر فقد ا ستخف بما أنزل اللـه على محمد صلى
اللـه عليه وسلم). (رواه أبو نعيم في الحلية والـهروي في ذم الكلام من
حديث ابن عمر). الثالث: المبتدع العامي الذي لا يقدر على الدعوة ولا يخاف
الاقتداء به فأمره أهون فالاولى أن لايقابح بالتغليظ والإهانة بل يتلطف به
في النصح. (إحياء علوم الدين: جـ:2/ صـ:184-183).
قال
الشيخ هاشم أشعري رحمه اللـه في القانون الأساسي لجمعية نهضة العلماء:
وإذا تعين الاعتماد على أقاويل السلف فلا بد من أن تكون أقاويلـهم التي
يعتمد عليها مروية بالإسناد الصحيح أو مدونة في كتب مشهورة وأن تكون مخدومة
بأن يبين الراجح من محتملاتها ويخصص عمومها في بعض المواضع ويقيد مطلقها
في بعض المواضع ويجمع المختلف فيها ويبين علل أحكامها وإلا لم يصح الاعتماد
عليها. وليس مذهب في هذه الأزمنة المتأخرة بهذه الصفة إلا هذه المذاهب
الأربعة. اللـهم إلا مذهب الإمامية والزيدية وهم أهل البدعة لا يجوز
الاعتماد على أقاويلـهم. (صـ: 55-57/ طـ: مارا قدس).
0 komentar:
Post a Comment