13.10.13

Ibadah dimalam tarwiyyah, Arafah, I'edul Fitri, i'edul Adha, Untuk menjaga hati kita tetap beriman kepada Allah


Mbah Karim Lirboyo:
"Sak nakal-nakale santri, ojo sampek ora ngurip-urip malem riyoyo. Senajan gur sholat witir sak roka'at thok,ojo nganti ora. Sebab,sopo wonge ngurip-urip malem riyoyo kanti ngibadah mongko atine bakal tetep urip naliko ati2 wes do mati..."

Diriwayatkan oleh Syaikhina Maimoen Zubair, Ramadlan 1432 H.


Hal tersebut mengambil teladan dari dawuhnya Baginda Rasulullooh SAW:



مَنْ أَحْيَا لَيْلَةَ الْفِطْرِ وَ لَيْلَةَ الْأَضْحَى , لَمْ يَمُتْ قَلْبُهُ يَوْمَ تَمُوْتُ الْقُلُوْبُ


"Barangsiapa yang menghidupkan malam 'Iedul-Fithri dan malam 'Iedul-Adlhaa, niscaya hatinya tidak akan mati pada hari matinya hati-hati".


مَنْ قَامَ لَيْلَتَي الْعِيْدَيْنَ مُحَتَسِّباً للهِ , لَمْ يَمُتْ قَلْبُهُ يَوْمَ تَمُوْتُ الْقُلُوْبُ


"Barangsiapa yang beribadah pada dua malam hari raya (yaitu 'Iedul-Fithri dan 'Iedul-Adlhaa), niscaya hatinya tidak akan mati pada hari matinya hati-hati".


مَنْ أَحْيَا اللَّيَالِيَ الْأَرْبَعَ وَجَبَتْ لَهُ الْجَنَّةُ , لَيْلَةَ التَّرْوِيَّةِ وَلَيْلَةَ عَرَفَةَ وَلَيْلَةَ النَّحْرِ وَلَيْلَةَ الْفِطْرِ


"Barangsiapa yang menghidupkan empat jenis malam, maka wajib baginya surga : Malam tarwiyyah (tanggal 8 Dzulhijjah), malam 'Arafah (tanggal 9 Dzulhijjah), malam Nahar (tanggal 10 Dzulhijjah), dam malam 'Iedul-Fithri (tanggal 1 Syawal)".

(Lihat KANZUN NAJAH WASSURUUR, Syaikh Abdul Hamid Al Qudsy)


‪#‎Semoga‬ Gusti Allooh SWT. maringi kito anugerah saget ngelampahi amal sae puniko kanti sae,ajeg,lan dipun tampi wonten Ngarsanipun Gusti Allooh SWT, aamiin....Al Faatihah


4 komentar:

Irham Sya'roni said...

Assalamu'alaikum.
Semoga Allah senantiasa mencurahkan rahmatNya kepada kita. aamiin..
ta'zhim untuk syaikhina Mbah Karim dan Mbah Mun.

Nderek tanglet, bgmna tanggapan admin terhadap blog ini http://abul-jauzaa.blogspot.com/2008/09/hadits-hadits-tentang-menghidupkan.html? Dalam blog ini dsebutkan bhwa hadits2 yg tertulis di atas dha'if jiddan (sangat lemah) atau bahkan maudhu' (palsu). Nuwun tanggapannya.

Harga Mobil Motor Hp said...

penting diketahui bagi setiap muslim...

game android said...

semoga hati kita sellau tenang karena mengingta Allah

Anonymous said...

Irham Sya'roni@ maaf mas artikel yang di blog abdul jauzaa itu artikel orang2 wahabi masih ada hadis shohih lain yang berkaitan dengan ini yang dloif itu hanya sebagai penguat hadist shohih

Post a Comment

 
oleh Ahadan blog | Bloggerized by Ahadan | ahdan